Blogger - DogGhozt.com: Pemilihan Domain Buat Blog Yang Benar

Pemilihan Domain Buat Blog Yang Benar

DogGhozt.com - hallo teman-teman kembali lagi dengan saya di blog dogghozt.com kali ini saya akan membahas tentang cara memilih domain blog/website yang benar.

Pemilihan Domain  Buat Blog Yang Benar

Cara pemilihan domain untuk website atau blog haruslah benar dan tepat untuk tujuan dan fungsinya tersendiri, maksud dan tujuan domain juga terhantung dari sih pembuat website. Apa Itu Domain

Pemilihan domain sekiranya memang sangat perlu karena itu juga sebagai target untuk pengunjung menilai sebuah website dengan alamat yang enak dibaca dan mudah diingat.

Lalu, apa saja yang sebaiknya kita perhatikan di saat akan memilih nama untuk domain?
Simak tips cara memilih nama domain berikut yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet, trus sedikit dari pengalaman pribadi tentunya.

1. Berkesan

Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi “bookmark” di internet. Namun memilik nama yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs teman-teman. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang kamu jalankan. Sebisa mungkin hindari singatan dan kata-kata yang susah dibaca.
Baca Juga : Cheat Dino Google Chrome

2. Singkat

Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Karena nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat.


3. Ekstensi yang tepat

Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, dan .mil untuk lembaga militer. Namun jika saya boleh berpendapat, ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.


4. Mudah dieja

Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan kamu dan pelanggan kamu. Gunakanlah istilah atau kata yang umum. Dan jika tidak memungkinkan, setidaknya gunakan brand atau nama perusahaan kamu. misalnya kamu punya  nama domain yang rumit contohnya 123hikl79.com nah itukan sidiktit membuat bingung pengunjung.
Baca Juga : Tips mengurangi radiasi
Buatlah domain yang simple contoh punya saya dogghozt.com sebenarnya (z) itu (s) berhubung ada yang sudah beli duluan yah saya lari cukup jauh. Tujuan saya adalah membuat nama domain DogGhost/DogGhozt artinya dulu yang Hantu Anjing.

Oke saya ceritakan kenapa saya pilih itu. Dulu saya punya anjing saya suka sekali sama anjing di masa kecil saya tapi yang saya bingung saat anjing-anjing saya mau mati.

Mereka menghilang atau menjauh dari saya sampai saya hanya menemukan dia tua begitu saja jauh dari pondok, saya juga bingung apakah mereka tidak mau melihat saya sedih saat mereka pergi ke tanah yang jauh atau bagaimana. Yah saya juga kurang tahu.

Tapi Kenapa Hantu?
Yah itu agar sedikit Seram saja sih dan ada maksud lain yang tidak bisa saya ceritakan.


5. Deskriptif

Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan kamu mengasosiasikan nama domain dengan usaha kamu yang ingin kamu geludti.
Baca Juga : Periksa Rekening Sebelum Transaksi

6. Gunakan nama pribadi atau kata kunci tertarget

Ada baiknya jika kamu ingin membuat blog / website pribadi maka gunakanlah nama pribadi atau nama panggilan yang lebih singkat. Kita juga bisa menggunakan kata kunci yang tertarget untuk membuat website dengan niche tertentu, seperti hidupsehat.com, gayahidup.com, bisnisinternet.com, dsb.

7. Tujuan pembuatan web 

Semisal begini, kamu mempunya usaha di bidang produksi atau penjualan balon, dan kamu juga mempunyai nama usaha semisal CV. luna.

Maka untuk memudahkan orang mengenal nama usaha kamu dan bisnis yang kamu jalani, ketika hendak memilih nama domain bisa menggabungkan dua elemen ini, menjadi lunabalon.com/balonluna.com. Rumusnya: brand + jenis usaha, atau dibalik.

Nah setelah kamu memiliki nama domain tidak lupa kamu juga harus memilih ekstensi yang benar.
Baca Juga : Apa Itu Da/Pa Blog

Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Selain nama domain, ada satu lagi yang harus dipikirkan yaitu ekstensi domain. Ada beragam ekstensi domain yang bisa kamu pilih dari mulai ekstensi domain yang biasa digunakan orang ataupun ekstensi domain antimainstream.

Ekstensi Domain Populer

Berikut ini ada beberapa ekstensi domain yang cukup populer di internet:

.com : digunakan untuk keperluan komersial
.org : digunakan untuk keperluan organisasi
.net : digunakan untuk keperluan internet/ network

Oke sampai disini dulu artikel Pemilihan Domain Buat Blog Yang Benar, semoga bermanfaat buat teman-teman.

Terima kasih sudah berkunjung di dogghozt.com...

See You Again

Semua Konten yang kami bagikan semuanya adalah Gratis, DogGhozt.com .
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pemilihan Domain Buat Blog Yang Benar"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampill lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel